Makanan Khas Banjarmasin

Makanan Khas Banjarmasin

Akrab disebut sebagai kota seribu sungai, Banjarmasin dikenal sebagai kota yang menyimpan kekayaan laut melimpah. Memanfaatkan hasil lautnya, masyarakat sekitar pun menjadikannya sebagai penompang ekonomi sekaligus menjadi daya tarik bagi para pelancong. Selagi singgah di kota tersebut, tidak ada salahnya mencicipi aneka kuliner lezat untuk mengisi tenaga kembali. Berikut makanan khas Banjarmasin yang wajib dicicipi.

Beberapa Kuliner Lezat Khas Banjarmasin

1. Soto Banjar

Tersohor hingga ke berbagai kota yang ada di tanah air, soto banjar masih menjadi makanan alternatif saat mengunjungi Banjarmasin. Banyak dicintai oleh masyarakat, karena dalam proses pembuatannya menggunakan berbagai rempah yang mampu menghasilkan aroma wangi. Selain aroma dan kelezatannya, soto Banjar disajikan bersamaan dengan aneka isian yang membuat perut merasa kenyang dan puas.

Kuahnya yang tampak bening dan menyegarkan, sebenarnya berasal dari kayu manis. Sedangkan isiannya bukan hanya soun dan siuran daging ayam semata, namun juga ditambahkan isian lain seperti perkedel serta irisan telur setengah matang. Kombinasi dari berbagai jenis isian dan kesegaran kuahnya, berhasil membuatnya tampak berbeda dan unik daripada berbagai jenis soto dari daerah lain.

2. Sayur Kambang Tigarum

Sudah cukup sulit ditemukan, dimana sayur kambang tigarun dikenal sebagai makanan khas Banjarmasin. Meski kini bisa dibilang cukup langka ditemukan, kabar baiknya masih ada beberapa warung makan yang menyediakannya bagi para pelancong yang penasaran dengan kelezatannya serta bagi warganya sendiri. Cita rasa unik yang diberikan, bisa menambah petualangan rasa baru bagi lidah. Sebab rasanya yang cenderung pahit, dirasa tidak cocok bagi selera sebagian orang.

3. Nasi Kuning Khas Banjarmasin

Mungkin di daerah lain, anda bisa menemukan nasi kuning dengan aneka lauk pauk yang menggugah selera. Lalu apa yang membedakannya dengan nasi kuning daerah lainnya ? Perbedaannya terletak dari jenis beras pera dan tambahan bumbu yang digunakan dalam proses pembuatannya. Tawarkan rasa khas dan unik, kuliner satu ini pun dikatakan sebagai ikon kuliner dari kota Banjar.

Selain bahan pembuatannya yang berbeda, anda sudah bisa melihat perbedaanya, ketika nasi kuning sudah disajikan di depan mata. dimana cara penyajiannya dilengkapi dengan lauk bumbu habang (bumbu merah dan serundeng ), yang berfungsi sebagai pelengkap yang terbaik. Kombinasi dari nasi dan rasa lauk pauknya, menghasilkan kombinasi yang menggugah selera sejak mencium aromanya saat dimasak.

4. Cacapan Asam

Jika kuliner khas Jawa terkenal akan cita rasanya yang cenderung manis, maka makanan khas Banjarmasin akrab dengan rasa dominan pedas, asam, manis dan gurih. Kaya akan rasa, dimana salah satunya dapat ditemukan di kuliner Cacapan Asam khas Banjarmasin. Biasanya, kuliner lezat ini disantap bersamaan dengan makanan pendamping lainnya yang tak kalah lezat. Makanan pendamping tersebut akan dicocol, dan disantap bersamaan dengan nasi hangat serta aneka lauk pauk.

5. Sop Mutiara

Sajian kuliner lainnya yang tak kalah lezat yaitu sop mutiara, dimana makanan ini hasil dari peranakan dari Tionghoa yang kemudian disesuaikan dengan lidah masyarakat tanah air. Diberi nama sebagai sop mutiara, karena isiannya ditambahkan dengan bakso berukuran mini layaknya mutiara. Bakso tersebut dibuat menggunakan daging ayam yang digiling terlebih dahulu, lalu dicampurkan dengan kentang dan bawang putih yang telah dihaluskan.

6. Ikan Seluang Goreng

Disebut sebagai salah satu jenis ikan sungai yang mudah ditemukan di perairan Banjarmasin, dimana ikan kaya manfaat ini dapat diolah menjadi berbagai jenis kuliner lezat yang menggoyang lidah. Masyarakat Banjarmasin sendiri, gemar mengkonsumsi ikan seluang goreng sebagai camilan ataupun dijadikan sebagai lauk tambahan bersama dengan nasi hangat. Meski tampak sederhana, kelezatannya tidak bisa ditolak oleh lidah.

Rasa gurih nan sedap saat menyantapnya, berhasil menghadirkan keseruan tersendiri bagi siapapun yang menyantapnya. Mudah ditemukan di berbagai pasar terdekat, dimana makanan khas Banjarmasin ini biasa dijadikan sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Banjar. Tak hanya membeli satu kotak, bahkan tak tanggung tanggung banyak wisatawan yang memborong kuliner ini dalam jumlah melimpah.

7. Sambal Acan

Dikenal sebagai sambal tradisional dengen kelezatan tiada banding, yang umumnya dicampurkan dengan aneka buah buahan yang mengundang selera. Banyaknya peminat sambal acan, bahkan kini sudah ada dalam kemasan botol agar lebih mudah dibawa kemana mana. Apa yang membuatnya begitu istimewa ? Tekturnya yang  cenderung kental karena tidak menggunakan air, sehingga mempercepat proses pembuatannya sendiri.

Mampu bertahan hingga 1 bulan lamanya, menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh sambal satu ini. Oleh karenanya, sambal ini sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan ketika mengunjungi Banjarmasin. Dijamin rasa sambalnya yang terasa menyengat di lidah, berhasil menghadirkan sensasi pedas yang berbeda dari kebanyakan jenis sambal lainnya. Bahan pembuatannya pun menggunakan cabai rawit khas Banjar, sehingga menambah keunikan rasanya.

8. Ketupat Kandangan

Salah satu makanan khas Banjarmasin berkuah lainnya yang tak kalah lezat untuk dicicipi adalah ketupat kandangan. Jika dilihat sekilas, kuliner satu ini memang tampak seperti ketupat yang dicampurkan dengan berbagai isian. Hanya saja, terdapat isian berupa potongan ikan gabus asap (ikan haruan) dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Namun sekali mencobanya, dijamin membuat anda ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi.

Selain diisi dengan ikan haruan, kadang kala lauk yang digunakan menggunakan ikan gurami ataupun ikan patin. Yang membuat kuliner ini semakin menggugah selera adalah dari aroma ikan asapnya, yang bercampur dengan kuah dan ketupatnya sendiri. Agar lebih nikmati, silahkan tambahkan sambal pedas serta taburkan bawang goreng sebagai tambahannya. Tak perlu kebingungan mencarinya, karena berbagai warung makan menyajikan kuliner khas satu ini.

9. Ikan Patin Gangan Asam

Kekayaan lautnya yang cukup melipah, tidak heran bila Banjarmasin menghadirkan berbagai kuliner lezat yang berasal dari tangkapan lautnya. Dari sekian banyak kuliner lezat berbahan dasar ikan, ada baiknya untuk tidak melupakan kuliner satu ini. Menggunakan ikan patin sebagai bahan utama pengolahan, dimana sayur ini tampak berkuah nan berlemak. Agar semakin lezat, umumnya masyarakat sekitar menambahkannya dengan sambal acan.

10. Bubur Baayak

Rasa manis nan gurih dengan tampilannya yang berwarna coklat, berhasil memikat hati wisatawan untuk mencicipinya. Dikatakan sebagai makanan khas Banjarmasin, dimana terbuat dari tepung yang disaring dan digoyang goyangkan hingga berubah menjadi kalis atau yang disebut ayak. Oleh karenanya, bubur ini pun dijuluki sebagai bubur baayak. Sedangkan tekturnya sendiri terlihat kental, dan terdapat butiran butiran kecil yang menambah kecantikannya.

Kaya akan cita rasa, mampu menghadirkan pengalaman baru saat mencicipi aneka kuliner lezat khas Banjarmasin. Tak ada yang bisa menolak kelezatan kuliner khas dari Banjarmasin yang terkenal akan kenikmatannya. Selalu berhasil membuat para pelancong ketagihan, dimana kelezatannya akan terus terkenang dan susah untuk melupakannya. Oleh karenanya, pastikan untuk mencicipi berbagai kuliner lezat saat singgah di Banjarmasin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *