soto betawi

Makanan Khas Betawi

Makanan khas Betawi sebenernya tidak kalah dengan makanan daerah lain di Indonesia khusunya wisata kuliner Betawi. Dengan karakterisitiknya yang segar dan bersantan, makanan khas Betawi memiliki tempat tersendiri di lidah para penggemarnya. Dijual di berbagai sudut ibukota, makanan-makanan ini merupakan makanan khas Betawi yang wajib sesekali anda coba. Yuk, mari simak makanan apa saja yang harus dijajal saat berkunjung ke daerah Jakarta.

1. Makanan Khas Betawi Kerak Telor

Makanan Khas Betawi kerak telor

Kerak telor ini adalah makanan khas Betawi yang populer dengan cita rasanya yang gurih. Makanan khas Betawi ini dibuat dari telur ayam maupun bebek, ebi yang disangrai hingga tekstur dan bentuknya menyerupai abon, serta beras ketan putih. Kerak telor kemudian diberi tambahan bawang goreng dan juga bumbu penyedap rasa seperti kelapa sangrai. Makanan yang satu ini tak hanya menjadi salah satu wisata kuliner yang paling disukai bagi warga Jakarta, tapi juga terkenal hingga seluruh Jawa. Anda dapat menjumpai kerak telor dijual di pasar-pasar tradisional dan alun-alun kota.

2. Makanan Khas Betawi Sayur Gabus Pucung

Makanan Khas Betawi ayur gabus pucung

Sama seperti namanya, Sayur Gabus Pucung adalah makanan khas Betawi yang dibuat dengan menggunakan ikan gabus sebagai bahan utamanya. Ikan gabus dimasak lambat dengan rempah-rempah yang berupa ketumbar dan daun salam serta dilengkapi dengan kuah sayur yang sangat istimewa. Kuah sayur ini dibuat dari rebusan serai, daun jeruk, jahe, lengkuas, jeruk limau, buah tomat, cabai rawit dan tentunya bawang. Tentunya dengan membaca bumbu serta rempah-rempah yang digunakan dalam makanan khas Betawi ini, anda sudah memiliki gambaran cita rasa-nya. Sayur Gabus pucung menghasilkan nuansa asam segar yang pedas di lidah anda. Makanan ini cocok sekali dinikmati saat makan siang sehingga dapat memberikan kesegaran tersendiri bagi anda.

3. Makanan Khas Betawi Ketoprak

Makanan Khas Betawi ketoprak

Ketoprak adalah makanan khas Betawi yang luar biasa tenar karena kelezatan serta nutrisi yang terkandung di dalamnya. Bahan dasar utamanya meliputi mentimun, tahu, bihun, kecambah. Telur goreng dan ketupat bisa anda tambahkan sesuai selera anda sendiri. Semua bahan tersebut kemudian dicampurkan dengan bumbu kacang yang sudah dilembutkan dan dicampuri dengan kecap manis. Tak ketinggalan, anda bisa menaburkan emping atau kerupuk sebagai bahan tambahan yang dapat memberikan efek kriuk-kriuk. Saking tenarnya, anda tidak hanya dapat menemukan ketoprak di Jakarta, anda bahkan bisa membelinya di banyak kota di area pulau Jawa. Ketoprak biasanya dijajakan ke rumah-rumah dengan gerobak khusus seperti layaknya tahu campur.

4. Makanan Khas Betawi Kupat Sayur

Makanan Khas Betawi kupat sayur

Kupat sayur sangat umum dijual di Jakarta, anda sama sekali tak akan mengalami kesulitan menemukan penjual kupat sayurketika berada di Jakarta. Makanan khas Betawi ini memang sangat digemari warga Jakarta. Tak hanya itu makanan ini dipercaya dapat memberikan ciri khas palet rasa Betawi kepada siapa saja yang mencicipinya. Awalnya, kupat sayur hanya dihidangkan pada saat perayaan Idul Fitri saja, tetapi seiring berjalannya waktu kupat sayur berkembang dan dijual di hamper semua lokasi wisata kuliner di Jakarta

Cara membuat kupat sayur sendiri tergolong sangat special. Kupat atau lontong dibumbui dengan cara disiram dengan racikan rempah-rempah khas Betawi serta kuah santan. Sayur yang sering digunakan adalah irisan papaya muda dan juga labu. Ayam suwir dan kerupuk yang ditaburkan di atas kupat sayur akan membuat kelezatannya menjadi berlipat ganda.

5. Sayur Besan

sayur besan

Sayur besan tergolong masakan yang sangat legendaris dari Betawi. Terlebih lagi sayur ini sekarang jarang sekali ditemui . Kelangkaannya ini terjadi karena bahan utamanya yang sangat sulit didapat. Makanan khas Betawi ini dibuat dari bunga atau bagian pucuk tebu telur. Bagian ini kemudian diolah menjadi sayur dan ditambahi dengan bahan pelengkap ebi, ebi, kentang, dan petai.

 

Sayur besan mempunyai cita rasa lezat dan gurih ketika dikunyah di mulut. Dalam budaya Betawi, sayur ini kerap kali disajikan pada acara pernikahan. Sayur besan paling enak disantap bersamaan dengan nasi.  Makanan khas Betawi ini didapuk sebagai lambang penghormatan dan kekeluargaan dalam menyambut keluarga baru yang diikat dengan hubungan pernikahan.

6. Bubur Ase

bubur ase

Sama seperti Sayur Besan, Bubur Ase juga sangat susah dijumpai sekarang ini. Bubur ini sebenarnya menawarkan sensasi berbeda dengan bubur Jakarta lainnya. Perbedaan terletak pada campuran dari bubur itu sendiri. Bila kebanyakan bubur Jakarta menggunakan telur dan irisan ayam sebagai topingnya, Bubur Ase disajikan dengan campuran semur daging spesial Betawi. Inilah yang akhirnya membuat warna Bubur Ase terlihat jauh lebih coklat daripada Bubur Jakarta yang lain.

Tak hanya dicampuri semur daging, bubur Ase juga dicampuri bahan-bahan dasar lain seperti kentang, wortel, dan sayur-sayuran. Bumbu dan rempah yang digunakan membuatnya memiliki tekstur yang kaya dengan rasa manis dan gurih. Bubur ase sangat unik karena Namanya berarti “dingin”. Tajuk ini dimiliki bubur Ase karena makanan khas Betawi ini umumnya memang disajikan dalam keadaan dingin.

7. Soto Betawi

soto betawi

Menu masakan soto sudah tak jarang lagi hadir di rumah-rumah orang Indonesia ataupun sebagai wisata kuliner. Ada banyak sekali jenis soto yang dikembangkan di Indonesia, salah satunya adalah Soto Betawi yang sama seperti Namanya berasal dari Betawi. Soto Betawi sangat cocok bagi anda yang menggemari menu masakan semacam ini. Makanan ini memang merupakan makanan berat yang cocok dimakan di saat makan siang atau makan malam.

Soto Betawi menggunakan rempah-rempah yang kurang lebih sama dengan soto pada umumnya. Bedanya terletak pada daging yang menjadi bahan dasarnya. Soto Betawi ternyata disajikan dengan daging jeroan sapi contohnya paru, hati, dan babat. Hal ini menjadikannya sempurna bagi sebagian orang yang memang penggemar jeroan sapi. Disajikan dengan kuah santan yang kaya rempah, soto Betawi paling cocok dimakan dengan nasi, krupuk, dan emping. Mendapatkannya pun tidaklah susah, soto ini dijual di berbagai macam warung makanan dan restauran di Jakarta.

8. Semur Jengkol

semur jengkol

Apakah anda termasuk penyuka jengkol? Jika iya maka anda harus mencoba yang satu ini. Semur jengkol termasuk salah satu menu makanan yang sangat populer di kalangan masyarakat Betawi. Meskipun berbahan dasar jengkol yang berbau tak sedap, pengolahan semur jengkol yang baik kadang dapat menyamarkan, menutupi, dan bahkan menghilangkan bau tidak sedap ini.

Semur jengkol dimasak dengan campuran rempah-rempah khusus. Racikan rempah-rempahnya jarang sekali diketahui oleh khalayak ramai. Oleh karena itulah, semur jengkol cukup langka ditemui di pasaran. Apabila anda kebetulan mendapati warung yang menjualnya segera pesan dan rasakan sensasi semur jengkol ini.

Semur jengkol paling cocok dimakan dengan nasi putih. Tak jarang, orang memakan semur jengkol berbarengan dengan lauk lain seperti ayam maupun daging goreng. Jengkol memang bukan untuk semua orang, tapi jika anda memang menyukainya maka makanan khas Betawi ini wajib anda coba.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *