ikan pisro lampung

Makanan Khas Lampung

Lampung merupakan salah satu kota besar di daerah sumatera Selatan yang  sering dijadikan sebagai tujuan wisata. Berkunjung ke tempat ini, pastinya akan terasa kurang jika tidak mencicipi makanan khasnya. Lampung memiliki beragam makanan yang enak dan lezat mulai dari olahan ikan hingga jajanan tradisional . Berikut ini makanan khas Lampung favorit yang wajib anda coba ketika sedang mengunjungi tempat ini.qercf

10 Makanan Khas Lampung dengan Rasa yang Lezat :

1. Makanan Khas Lampung Tempoyak

Makanan Khas Lampung tempoyak

Bagaimana jika durian dimasak dengan bumbu rempah rempah? Jika anda belum pernah merasakan makanan yang satu ini, maka anda perlu mencobanya ketika sedang berada di Lampung. Tempoyak merupakan makanan yang dibuat dari bahan utama durian yang sebelumnya sudah difermentasikan terlebih dahulu. Namun, jenis durian yang diolah untuk masakan ini biasanya dipilih dari durian yang memiliki kandungan air sedikit.

Untuk mendapatkan rasa yang enak, biasanya durian yang digunakan adalah yang sudah benar benar matang. Untuk membuat fermentasi ini, maka durian diberi tambahan cabe rawit dan disimpan di tempat yang tertutup. Biasanya proses ini memakan waktu sekitar 2 hingga 5 hari. Tempoyak ini kemudian dimasak bersama ikan sebagai campuran. Ada beragam ikan yang bisa digunakan sebagai campuran dari tempoyak diantaranya mujair, ikan teri maupun ikan mas.

2. Makanan Khas Lampung Gulai Taboh

Makanan Khas Lampung gulai taboh

Salah satu makanan khas lampung yang memiliki rasa yang unik asalah gulai taboh. Masakan ini biasanya dijadikan sebagai pendamping ikan. Adapun bahan yang digunakan untuk masakan ini terdiri dari campuran santan, kacang kacangan serta diberi tambahan kentang maupun rebung sehingga rasanya menjadi gurih. Agar rasanya lebih nikmat, masakan ini biasanya diberi tambahan daun sirih dan terasi. Jika berkunjung ke Lampung, jangan lupa untuk menyantap makanan ini.

3. Makanan Khas Lampung Seruit

Makanan Khas Lampung seruit

Seruit merupakan makanan yang berbahan dasar ikan. Olahan ikan bakar ini biasanya dipadukan dengan tempoyak ataupun sambal terasi khas lampung. Ada banyak ikan yang bisa digunakan untuk makanan ini, namun seringnya adalah ikan sungai seperti balidem layis maupun baung. Seruit akan terasa lebih nikmat jika disantab bersama lalapan. Masakan ini seringkali dijadikan sebagai hidangan pada saat acara keluarga, pernikahan maupun acara keagamaan.

4. Makanan Khas Lampung Geguduh

Makanan Khas Lampung geguduh

Makanan yang satu ini merupakan salah satu kudapan yang memiiliki rasa yang manis. Gegaduh terbuat dari bahan utama pisang yang sudah dihaluskan dan dicampur bersama tepung terigu lalu dolah menjadi kue. Kudapan yang satu ini seringkali dihidangkan saat ada acara keluarga maupun ketika sedang bersantai. Biasanya pisang yang digunakan untuk gegaduh adalah pisang kepok yang ditambahkan dengan daun pandan sehingga memiliki aroma yang sedap.

5. Makanan Khas Lampung Umbu

Makanan Khas Lampung umbu

Makanan ini memiliki rasa yang pahit karena terbuat dari bahan utama rotan muda. Namun jangan salah, rasa makanan khas lampung ini tidak akan sekeras yang anda bayangkan karena rotan tersebut harus ditebus sampai lunak terlebih dahulu sebelum dimasak. Biasanya umbu ini sering dipadukan dengan oseng oseng atau makanan lalapan. Dulu, umbu seringkali dijadikan sebagai makanan sehari hari, namun saat in hanya dihidangkan ketika ada acara tertentu saja.

6. Gabing

gabing

 

Bagaimana rasanya jika batang kelapa muda diolah menjadi masakan? Jika penasaran dengan rasanya, maka anda perlu mencicipi masakan yang satu ini. Gabing terbuat dari batag kelapa muda yang dibentuks eperi lempengan kecil yang direbus dan dimasak dengan bumbu bumbu rempah dan beberapa tambahan lainnya. Masakan yang satu ini biasanya ditambahkan dengan beberapa isian seperti jamur maupun daging segar sehingga rasanya menjadi lebih lezat.

7. Pindang

pindang

Masakan yang satu ini menggunakan bahan utama ikan yang diolah dengan beberapa rempah pilihan sehingga menghasilkan cita rasa yang unik. Biasanya pindang dihidangkan bersama kuah yang berwarna kuning dengan tambahan berupa tomat maupun kentang. Pindang memiliki perpaduan rasa asam dan gurih. Aromanya akan semakin sedap jika ditambahkan dengan dan kemangi. Anda bisa mencoba makanan yang satu ini dengan mengunjungi tempat makan yang ada di Lampung.

8.  Engkak

engkak

Selain masakan berbahan ikan dan sayur,  anda juga bisa menikmati makanan khas lampung yang berupa kudapan. Engkang adalah jajan lampung yang memiliki rasa yang manis. Makanan ini terbuat darri telur , gula pasir, tepung ketan, telur ayam, santan, susu kental manis dan mentega yang dihaluskan dan dimasukkan ke loyang lalu dipangganga m di atas oven. Engkak berwarna coklat pucat dengan tekstur seperti lapis legit.

Setelah matang, biasanya engka akan dipotong potong sebagaimana kue lapis. Selain dihidangkan saat sedang bersantai, makanan ini juga seringkali menjadi hidangan saat upacar adat maupun hari raya. Engkak biasanya dinimati saat sedang santai maupun hidangan sarapan. Pastinya engkak akan terasa nikmat jika dihidangkan bersama teh hangat Makanan yang satu ini bisa anda nikmati dengan mengunjungi beberapa tempat yang menjualnya seperti toko oleh oleh.

9. Pisro

pisro

Lampung memang memiliki banyak masakan yang terbuat dari bahan utama ikan salah satunya adalah pisro Makanan khas lampung ini seringkali dijadikan sebagai lauk untuk makanan sehari hari. Pisro menggunakan bahan utama ikan betok atau ikan tembakang yang kemudian dipadukan dengan bumbu yang kental dengan tambahan gula aren. Maka tidak heran jika masakan ini memiliki warna coklat kehitaman. Makanan ini memiliki rasa yang pedas, manis dan gurih.

Sebelum dipadukan dengan beberapa bumbu pisro ini, biasanya ikan betok akan dibakar terlebih dahulu agar lebih empuk dan sedap. Pisro menggunakan bumbu terasi ikan atau udang sehingga rasanya menjadi gurih. Sedangkan rasa pedasnya dikarenakan pisro menggunakan cabai yang dipotong potong hingga banyak. Tentunya perpaduan rasa ini sangat disayangkan jika anda tidak mencicipinya saat sedang berada di Lampung.

10. Kemplang

kemplang

Nama makanan ini sangat unik bukan? Kemplang merupakan salah satu makanan tradisional dari lampung yang memiliki tekstur seperti kerupuk. Makanan ini memiliki rasa yang gurih sebagaimana kerupuk pada umumnya. Namun, perbedaan dari cara memasaknya adalah, dimana kemlang dimasak dengan cara dipanggang. Tentunya makanan ini sangat cocok bagi anda yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi karena rendah kandungan minyak.

Kemplang menggunakan bahan utama ikan, sehingga tak heran jika kemplang memiliki rasa yang gurih. Tentunya menyantap makanan seperti gabing atau tempoyak anak terasa nikmat jika danda menggunakan kemplang sebagai tambahan. Makanan yang satu ini juga sangat cocok saat dinikmati sedang santai. Anda juga bisa membawa makanan khas Lampung ini sebagai oleh oleh untuk kerabat atau teman saat pulang nantinya.

Jika anda merupakan masyarakat Lampung, pastinya sudah tidak asing lagi dengan beragam makanan di atas. Aneka makanan Lampung memang dengan rasa dan aroma yang unik memang wajib dicoba bagi para pelancong. Namun, bagi anda yang belum pernah merasakan salah satu makanan di atas jangan khawatir karena anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *