udang selingkuh

Makanan Khas Papua

Papua merupakan salah satu pulau di Indonesia yang terkenal dengan keunikan yang dimiliki. Selain dari suku yang beragam serta rumah adat yang unik, Papua memiliki beragam kuliner yang menarik makanan khas untuk dicoba. Bagi anda yang sedang berkunjung di daerah timur Indonesia ini, pastinya akan penasaran dengan makanan khas papua indonesia yang ada di sana.

Rekomendasi Makanan Khas Papua yang Lezat Dan Unik :

1. Makanan Khas Papua Papeda

Makanan Khas Papua papeda

Makanan ini merupakan salah satu makanan yang hanya ditemukan di daerah Papua. Papeda terbuat dari tepung sagu yang kemudian dijadikan sebagai bubur. Makanan ini memiliki tekstur yang lengket dengan warna putih dengan rasa yang agak hambar. Biasanya papeda dihidangkan bersama ikan tongkol sehingga rasanya lebih nikmat. Anda bisa menikmati makanan yang satu ini dengan mengunjungi beberapa tempat makanan yang ada di papua.

2. Makanan Khas PapuaKue Lontar

Makanan Khas Papua kue lontar

Jika anda menyukai makanan yang manis, maka makanan yang satu ini akan sangat cocok di lidah anda. Kue lontar terbuat dari tepung terigu yang dipadukan dengan susu dan gula dan memiliki bentuk yang hampir sama denga kue pie yang saat ini populer. Namun, nyatanya orang Papua sudah lebih dahulu membuat kue dari susus tersebut. Makanan ini sering kali dihidangkan pada hari besar atau upacara adat seperti hari raya.

3. Makanan Khas Papua Sate Ulat Sagu

Makanan Khas Papua sate ulat sagu

Makanan khas papua ini sangat unik bagi anda karena menggunakan bahan utama yaitu ulat sagu. Pasalnya banyak orang indonesia yang menganggap bahwa ulat adalah binatang yang menjijikkan. Namun di Papua sendiri, ulat sagu justru dimasak menjadi makanan yang lezat. Bahkan menurut masyarakat di daerah ini, ulat sagu memiliki kandungan protein yang tinggi serta kaya gizi sehingga sangat baik untuk tubuh.

4. Makanan Khas Papua Ikan Bungkus

Makanan Khas Papua ikan bungkus

Mungkin makanan ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat yang ada di indonessia. Namun ikan bungkus yang ada di Papua memiliki perbedaan dengan ikan bungkus pada umumnya. Ikan bungkus in menggunakan pembungkus dari daun talas yang memiliki ukuran lebih besar. Selain itu, ikan yang digunakan untuk ikan bungkus di Papua adalah ikan laut bukan ikan tawar.

5. Makanan Khas Papua Udang Selingkuh

Makanan Khas Papua udang selingkuh

Nama makanan yang unik bukan? Udang selingkuh merupakan masakan yang menggunakan bahan utama udang yang dimasak dengan cara dogoreng ataupun direbus. Bagi anda yang sangat menyukai makanan sefood, masakan Papua yang satu ini wajib anda coba. Dinamakan udang selingkuh karena udang yang digunakan memiliki capit seperti kepiting sehingga dianggap bahwa perselingkuhan antara udang dan kepiting menghasilkan udang ini.

 6. Kue Bagea

udang selingkuh

Kue bagea merupakan salah satu makaan khas Papua yang memiliki bentuk seperti batang pohon yang dipotong potong. Makanan ini terbuat dari tepung sagu yang dipadukan dengan gula merah, kayu manis ddan pala. selanjutnya adonan tersebut dibungkus mengggunakan daun lontar dan dipanggang sampai kering. Makanan khas Papua ini memiliki aroma yang sedap dengan rasanya yang gurih sehingga sangat cocok untuk anda jadikan sebagai oleh oleh.

7. Ikan Bakar Colo

ikan bakar colo

Ikan bakar colo berasal dari daerah Timika yang terletak di daerah pesisir pantai. Makanan ini merupakan salah satu olahan dari suku Komoro. Karena berada di daerah pesisir, pastinya mereka seringkali mendapatkan hasil laut yang melimpah seperti ikan. Ikan bakar colo menggunakan bahan dari ikan dabu dabu. Biasanya makanan ini disajikan dengan sambal khas dari Papua yang terbuat dari cabe rawit, bawang merah  dan tomat hijau yang ditambahkan dengan jeruk nipis.

8. Roti Abon Gulung

roti abon gulung

Bagi anda yang sedang bingung mencari oleh oleh untuk kerabat atau teman, makanan yang satu ini menjadi salah satu rekomendasi yang tepat. Roti abun gulung Papua sudah menjadi salah satu makanan yang terkenal di Indonesia. Roti ini memiliki ukuran yang lebih besar dari roti pada umumya dengan  isian abon yang cukup banyak di dalamnya. Hal inilah yang membuat roti ini memiliki rasa yang enak dan gurih.

10. Bubur Sagu

bubur sagu

Papua terkenal dengan makanan pokoknya yaitu sagu. Di tanah Papua sendiri, sagu lebih mudah ditanam dibandingkan dengan beras. Tak heran jika harga beras di Papua sangat mahal dibandingkan dengan sagu. Sumber makanan ini seringkali dijadikan sebagai bahan dasar olahan makanan di Papua, salah satunya yaitu bubur sagu. Makanan khas Papua ini biasanya dihidangkan bersama santan yang sehingga rasanya semakin gurih.

11. Keripik Keladi

keripik keladi

Makanan yang satu ini sangat cocokdijadikan sebagai oleh oleh untuk anda bawa pulang karena mmeiliki sifat tahan lama. Keripik keladi terbuat dari ubi keladi yang dipotong potong tipis kemudia dijadikan keripik dengan cara digoreng. Rasa dari keripik keladi ini ada beberapa pilihan diantaranya manis, pedas maupun gurih. Anda bisa menemukan keripiki ini dengan mudah di beberapa toko yang ada di kota Sorong.

12. Ikan Bakar Manokwari

ikan bakar manokwari

Ikan bakar ini merupakan salah satu makanan khas dari daerah Manokwari, Papua. Bagi anda yang menyukai makanan pedas, jangan sampai melewatkan untuk mencicipi ikan bakar Manokwari ketika berkunjung ke daerah ini. Warnanya yang menggoda dengan aroma yang sedap akan membuat selera makan anda semakin bertambah. Biasanya makanan khas Papua  ini dibandrol dengan harga sekitar rp 50 ribu setiap porsinya.

13. Martabak Sagu

martabak sagu

Martabak yang satu ini berasal dari salah satu daerah di Papua tepatnya di daerah Fakfak. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Martabak sagu dibuat dari tepung sagu yang digoreng kemudian diberi tambahan berupa gula merah. Tentunya rasa manis tersebut dikarenakan gula merah sedangkan rasa gurih dikarenakan martabak ini mengggunakan bahan sagu. Tak heran jika martabak ini memiliki rasa yang berbeda dengan martabak pada umumnya.

14. Sagu Lempeng

sagu lempeng

Papu memang tidak pernah dari makanan yang berbahan utama sagu seperti halnya sagu lempeng. Dinamakan sagu lemeng karena makanan ini memiliki bentuk seperti lempengan lempengan. Sagu lempeng memiliki tekstur yang keras seperti roti kering dan biasanya diberi tambahan gula untuk memberikan rasa manis pada makanan ini. Biasanya sagu lempeng akan menjadi lunak ketika dicelupkan ke minuman seperti teh.

15. Kue Sarang Semut

kue sarang semut

Makanan ini merupakan makanan tradisional  papua yang memiliki bentuk seperti sarang semut. Bagi anda yang emenyukai rasa manis, pastinya akan menyukai kue yang satu ini. Sarang semut memiliki tekstur yang lembut dengan warna kecoklatan mirip kue bika ambon khas Medan. Makanan khas Papua ini  memiliki cita rasa yang unik karena menggunakan rempah rempah kayu manis dan cengkeh.

Kebanyakan makanan Papua terbuat dari bahan utama sagu mulai dari sagu lempeng hingga martabak sagu. Hal ini dikarenakan sagu di wilayah ini lebih murah dibandingkan makanan pokok lainya seperti beras. Selain berbagai olahan sagu, banyak masakan khas di daerah Papua yang mengggunakan aneka olehan hasil laut, khususnya daerah pesisir. Bagi anda yang sedang berkunjung ke Papua jangan lupa untuk mencoba salah satu makanan di atas.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *