Sarabeh Selong

Makanan Khas Tuban

Makanan Khas Tuban

Tuban merupakan salah satu kota kecil di Jawa Timur yang terletak di pesisir Pantai Utara pulau Jawa. Lokasinya yang strategis menjadikan Tuban sebagai tujuan wisata yang mulai diminati banyak orang. Makanan khas Tuban yang sebagian besar berbahan dasar hewan laut pun menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah ini. Nah, bagi anda yang ingin mencoba kuliner khas Tuban, berikut beberapa makanan yang patut dicicipi jika anda berlibur ke sana:

1.Makanan Khas Tuban Ampo

Makanan Khas Tuban Ampo

Ampo merupakan makanan khas tuban yang sudah disantap secara turun temurun oleh masyarakat Tuban. Makanan yang terbuat dari tanah liat yang benar-benar bersih dan tanpa campuran apapun ini, bisa dijadikan camilan lezat dan menyehatkan. Bagi anda yang tertarik untuk menyantap hidangan ini, anda boleh menyajikannya bersama secangkir kopi atau teh di sore hari.

2.Makanan Khas Tuban Kare Rajungan

Makanan Khas Tuban Kare Rajungan

Kare Rajungan merupakan makanan khas Tuban yang terkenal dengan rasa pedasnya. Karena letak geografis kabupaten Tuban berada di pesisir pantai, maka sangat mudah mendapatkan rajungan. Rajungan adalah hewan laut yang bentuknya mirip dengan kepiting. Di Tuban, rajungan dimasak dengan menggunakan bumbu kare yang berbahan dasar daun salam, batang serai, laos, santan, dan air asam. Bahan-bahan tersebut dimasak bersama rajungan hingga bumbu meresap sempurna, dan Kare Rajungan siap dinikmati bersama sepiring nasi hangat.

3.Makanan Khas Tuban Becek Menthok

Makanan Khas Tuban Becek Menthok

Makanan khas ini terbuat dari daging menthok yang dimasak dengan bumbu-bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, tomat, merica, jintan, daun salam, daun jeruk purut, serai, santan, dan taburan daun bawang. Daging menthok sendiri adalah daging itik yang merupakan andalan Tuban. Becek Menthok memiliki kuah yang sangat banyak dan bertekstur kental, sehingga cocok dinikmati hangat-hangat saat malam hari atau ketika cuaca sedang dingin.

4.Makanan Khas Tuban Sate Bebek

Makanan Khas Tuban Sate Bebek

Berbeda dengan daerah lain yang menggunakan daging kambing atau ayam sebagai bahan dasar pembuatan sate, di Tuban, sate dibuat dengan menggunakan daging bebek. Walaupun daging bebek memiliki tekstur yang lebih keras dibanding daging ayam, sate bebek khas Tuban tetap sangat digemari. Hal tersebut dikarenakan sate ini diolah bersama bumbu-bumbu khas Tuban yang sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya.

5.Makanan Khas Tuban Garang Asem

Makanan Khas Tuban Garang Asem

Garang Asem merupakan makanan berbahan dasar ayam yang disiram dengan kuah santan, setelah itu dibungkus dengan daun pisang, dan dikukus sampai matang. Garang Asem khas Tuban memiliki kuah yang lebih bening dan lebih banyak dibanding garang asem daerah lain. Dibuat dengan menggunakan daging ayam kampung yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan daging yang empuk dan sangat lezat. Garang Asem yang memiliki perpaduan rasa asam dan pedas ini, sangat nikmat disajikan hangat bersama sepiring nasi pada pagi atau malam hari.

6.Makanan Khas Tuban Belut Pedas

Belut Pedas

Makanan khas ini tak pernah lepas dari rasa pedas, maka tak heran hidangan belut pun disajikan dengan bumbu pedas. Belut Pedas ini dibuat dengan menggunakan racikan bumbu-bumbu khas Tuban yang sangat sayang apabila anda lewatkan.

7.Makanan Khas Tuban Opor Ayam Khas Tuban

opor ayam

Biasanya, opor ayam identik sebagai hidangan khas Lebaran, tapi di Tuban, opor ayam bisa dengan mudah didapatkan di warung-warung di pinggir pantai kapan saja. Opor Ayam khas Tuban dimasak dengan menggunakan ayam kampung yang dibakar terlebih dulu, setelah itu baru dimasak opor. Gurih dan lembutnya daging ayam berpadu dengan aroma yang sangat menggoda, membuat siapa saja ingin mencoba.

8.Cumi-cumi Hitam

cumi cumi hitam

Makanan khas ini yang tak kalah nikmat lainnya adalah Cumi-cumi Hitam. Cumi-cumi Hitam adalah makanan yang sangat populer di Tuban. Makanan ini juga menjadi makanan favorit wisatawan yang berkunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Biasanya, Cumi-cumi Hitam khas Tuban tidak disajikan di atas piring atau mangkok, tapi di atas daun jati dan dicampur dengan nasi putih hangat. Unik, bukan?

9.Krengsengan Daging Sapi

Krengsengan

Krengsengan Daging Sapi khas Tuban ini dibuat dengan menggunakan daging sapi yang dimasak bersama rempah-rempah pilihan. Selain menggunakan bumbu-bumbu pada umumnya, Krengsengan Daging ini juga menggunakan petis udang untuk menambah cita rasa kelezatannya. Tak salah jika makanan ini layak anda coba sebagai pilihan kuliner anda di kabupaten Tuban. Apabila anda ingin mencoba membuat hidangan ini di rumah, daging sapi juga bisa diganti dengan daging kambing atau ayam. Sesuaikan dengan budget yang anda punya.

10.Sate Bekicot Khas Tuban

Bekicot

Bekicot atau siput merupakan hewan yang berkembang biak secara liar terutama di musim penghujan. Di Tuban, bekicot menjadi salah satu makanan khas yang layak untuk dicoba. Sate Bekicot khas Tuban adalah makanan yang terbuat dari daging bekicot yang kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu yang lezat. Selain rasanya yang gurih, makanan ini juga dipercaya dapat meningkatkan vitalitas dan menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti gatal-gatal dan asma. Bagaimana, anda tertarik untuk mencoba?

11.Ikan Layang Bumbu Kuning

ikan layang

Makanan khas ini berbahan dasar ikan layang yang mudah didapatkan. Ikan layang yang sudah dibersihkan dan dikerat, dimasak bersama bumbu kuning yang sangat populer di Indonesia. Meski hampir semua daerah menggunakan bumbu kuning, biasanya bumbu kuning tiap daerah memiliki cita rasa khasnya sendiri. Maka tak heran, Ikan Layang Bumbu Kuning juga tetap dicari oleh para penikmat kuliner Indonesia.

12.Gemblong

Gemblong

Gemblong merupakan salah satu kue tradisional khas kabupaten Tuban. Terbuat dari campuran adonan tepung beras ketan putih yang diuleni sampai kalis, kemudian dibentuk bulat-bulat seperti bola, dan digoreng sampai kecokelatan. Setelah matang, bola-bola tersebut didinginkan dan dilapisi dengan larutan gula aren. Gemblong menjadi jajanan yang sangat digemari oleh para penikmat makanan manis.

13.Sarabeh Selong

sarabeh selong

Makanan khas  yang tak kalah enaknya adalah Sarabeh Selong. Termasuk dalam jajanan pasar tradisional yang sangat digemari oleh masyarakat Tuban. Sekilas memang terihat seperti kue serabi dari Bandung. Tapi yang membedakan, Sarabeh Selong ini terbuat dari santan kelapa yang kental, sehingga menjadikannya memiliki rasa gurih yang sangat menonjol.

14.Es Bubur Sum-sum

Bubur Sum-sum

 

Es Bubur Sum-sum merupakan makanan khas  yang memiliki rasa manis dan segar. Sajian ini sangat cocok dinikmati setelah anda mencicipi makanan-makanan khas Tuban lain yang memiliki rasa pedas. Es Bubur Sum-sum juga sangat lezat dinikmati di siang hari, atau bisa juga menjadi pilihan makanan ketika berbuka puasa.

15.Dumbek

Dumpek

Dumbek merupakan makanan yang bertekstur lembut. Bentuknya lonjong seperti terompet dan dibungkus dengan daun lontar. Dumbek juga memiliki bau yang harum sehingga menggoda untuk dicoba. Sayangnya makanan ini mungkin sudah tidak lagi populer, karena sudah mulai jarang ditemui di Tuban. Walaupun begitu, Dumbek termasuk makanan yang wajib dikenal sebagai makanan khas Tuban.

Beberapa makanan khas Tuban sudah kami ulas singkat untuk anda. Unik-unik dan lezat, bukan? Selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *