Makanan Khas Vietnam

Makanan Khas Vietnam

Sebagai salah satu negara padat di dunia, Vietnam kini mulai bangkit menjadi negara berkembang yang tak mau kalah dari negara-negara Asia Tenggara lainnya. Selain adanya kemajuan di bidang politik dan ekonomi, sektor pariwisata Vietnam pun mulai dikenal dan menjadi salah satu negara tujuan wisata bagi banyak orang. Bercampurnya berbagai budaya di Vietnam pun membuat kuliner negara ini menjadi sangat bervariasi, sehingga makanan khas Vietnam yang unik dan bercita rasa menjadi incaran bagi para penikmat kuliner. Bagi anda yang ingin mencicipi makanan khas Vietnam, berikut beberapa rekomendasi kuliner Vietnam yang patut anda coba:

Pho (Mie khas Vietnam)

Pho adalah makanan khas Vietnam yang berbahan dasar mie beras dengan topping daging ayam atau sapi, serta dilengkapi dengan kuah sup, taoge, dan daun jeruk. Makanan tradisional ini merupakan salah satu makanan utama bagi masyarakat Vietnam, sehingga popularitasnya sudah tidak diragukan lagi. Tak heran bagi para wisatawan pecinta kuliner, Pho menjadi makanan utama yang sering dicari.

Goi Cuon (Lumpia khas Vietnam)

Goi Cuon merupakan gulungan salad dengan kulit lumpia khas Vietnam berisi potongan udang atau daging. Berbeda dengan lumpia yang kita kenal, Goi Cuon tidak digoreng dan dimakan dengan cara dicelup ke dalam bumbu kacang yang nikmat. Karena dilengkapi dengan sayuran, Goi Cuon bisa menjadi pilihan kudapan yang sangat lezat dan menyegarkan.

Banh Cuon (Kue beras kukus khas Vietnam)

Makanan khas Vietnam lainnya yaitu Banh Cuon, terbuat dari adonan tepung beras yang dikukus dengan isian sayuran seperti potongan mentimun, daun selada, serta irisan daging. Banh Cuon biasanya disajikan bersama bawang goreng renyah, tempura udang dan gorengan-gorengan lainnya sebagai pendamping. Hidangan ini sangat lezat dinikmati terutama ketika masih hangat dari kukusan.

Banh Xeo (Pancake khas Vietnam)

Banh Xeo merupakan pancake tipis yang terbuat dari tepung beras, santan, dan kunyit yang ditumis bersama udang, daging, dan taoge. Makanan khas Vietnam ini juga dilengkapi dengan daun herbal dan selada, sehingga menjadikan rasa Banh Xeo sangat lezat.

 

 

Banh Mi (Sandwich khas Vietnam)

Terpengaruh dari budaya Perancis yang pernah menjajah Vietnam dulu, Banh Mi merupakan makanan khas Vietnam berbentuk sandwich yang menggunakan roti baguettes, dan diisi dengan berbagai macam daging, bakso ikan, acar wortel, dan lobak. Tapi anda harus berhati-hati karena Banh Mi juga berisi potongan cabai yang menciptakan rasa pedas yang nikmat di lidah anda.

Banh Cam (Onde-onde khas Vietnam)

Tampilan Banh Cam mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda karena memang sangat mirip dengan onde-onde dari Indonesia. Bentuk bulatnya memang sama persis dengan onde-onde yang kita kenal. Manisnya kacang hijau sebagai isian yang dibalut dengan kulit renyah berlapis wijen, sangat lezat dinikmati dengan secangkir kopi di sore hari.

Com Tam (“Broken Rice” khas Vietnam)

Com Tam merupakan panganan nasi yang terbuat dari olahan beras dengan butiran yang tidak utuh alias patah, sehingga Com Tam dikenal juga dengan nama “Broken Rice”. Setelah dimasak menjadi nasi putih yang pulen, Com Tam akan disajikan bersama hidangan khas Vietnam lainnya seperti sayuran dan potongan daging, yang sangat cocok untuk dijadikan menu makan siang. Jadi, jangan bingung jika anda terburu-buru menyelipkan kegiatan makan siang di tengah padatnya wisata anda, karena Com Tam bisa jadi pilihan yang tepat.

Com Rang (Nasi goreng khas Vietnam)

Nasi goreng ini mungkin terlihat sama dengan nasi goreng dari negara Asia lainnya, tapi selain menggunakan bahan rempah, ada satu bahan yang membuat Com Rang menjadi nasi goreng yang sangat khas Vietnam yaitu Bia Hanoi. Bia Hanoi adalah sejenis sayuran yang hanya bisa ditemui pada makanan-makanan khas Vietnam.

Cha Ko To (Kuliner seafood khas Vietnam)

Makanan yang dihidangkan dengan Clay Pot mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat di Asia Tenggara. Clay Pot berfungsi agar makanan tetap hangat dan bumbu bisa meresap dengan sempurna ke dalam daging. Cha Kho To merupakan makanan klasik bagi masyarakat Vietnam yang juga dihidangkan dengan menggunakan Clay Pot. Makanan ini berisi daging ikan yang direbus dengan gula dan bumbu ikan yang gurih. Karena melalui proses memasak secara tradisional, maka bumbu-bumbu bisa menyerap dengan baik ke dalam daging ikan serta menghadirkan perpaduan rasa manis dan gurih yang menjadikannya semakin lezat. Cha Ko To bisa menjadi pilihan makanan yang wajib anda coba terutama bagi pecinta seafood.

Chao (Bubur khas Vietnam)

Chao merupakan bubur khas Vietnam yang lembut dan hangat yang disajikan dengan topping irisan daging ayam, daging ikan, jeroan daging, dan ditambah dengan potongan roti goreng yang renyah dan gurih. Tak lupa ketika dihidangkan, Chao ditaburi dengan irisan daun jeruk nipis, taoge, jahe, dan disiram dengan saus ikan.

Cao Lau

Hidangan mie dengan topping daging babi ini berasal dari Hoi An, sebuah area pelabuhan perdagangan yang sangat sibuk pada masanya. Cao Lau merupakan mie tebal yang sejenis dengan udon dari Jepang, dan disajikan dengan kerupuk dan irisan daging babi. Sementara untuk bumbu kaldu dan rempah-rempahnya tetap asli khas Vietnam. Menurut kabar, Cao Lau yang asli dibuat hanya dengan air yang diambil dari sumber air Ba Le.

Nem Ran

Nem Ran adalah hidangan dengan bahan utama daging cincang, daging kepiting atau udang, bawang bombay, wortel, telur bebek, jamur, lada, garam, dan beberapa bumbu penyedap lainnya. Semua bahan tersebut diaduk merata kemudian dimasukkan ke dalam kulit luar yang terbuat dari tepung beras dan digulung menjadi ukuran kecil. Gulungan tersebut lalu digoreng di dalam minyak panas. Nem Ran dapat dimakan langsung atau dicelupkan ke dalam kecap ikan yang dicampur dengan jus lemon.

Bo Luc Lac

Bo Luc Lac merupakan daging bumbu yang tampilannya sekilas mirip dengan daging bumbu kecap yang ada di Indonesia. Daging dari Bo Luc Lac melalui proses pengukusan terlebih dahulu sebelum dibumbui, sehingga tekstur dagingnya lembut dan lumer di lidah. Makanan khas Vietnam ini tentu wajib anda coba.

Cha Pe (Kopi unik khas Vietnam)

Kuliner khas Vietnam yang terakhir adalah Cha Pe, minuman tradisional Vietnam yang sangat pas bagi pecinta kopi. Vietnam memang terkenal akan kelezatan biji kopinya. Tapi, yang membuat kopi asal Vietnam ini berbeda dari kopi lainnya adalah karena komposisi dan proses pembuatannya yang terbilang unik. Cha Pe terbuat dari kopi berbusa yang ditambahkan dengan susu kental manis dan sebutir telur mentah, jelas cita rasa kopi khas Vietnam tak bisa ditemukan di sajian kopi lainnya.

 

 

Itulah beberapa makanan khas Vietnam yang sayang jika anda lewatkan ketika berkunjung ke sana. Selamat berlibur…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *