empal gepuk

Makanan Khas Bandung

Kota berjuluk Paris Van Java ini tidak hanya memiliki destinasi wisata yang patut dikunjungi melainkan juga makanan khasnya yang patut dicicipi. Banyak makanan khas Bandung yang lezat dan juga menyehatkan.  Inilah beberapa makanan khas Bandung indonesia yang patut anda coba.

1. Makanan Khas Bandung Seblak

Makanan Khas Bandung seblak

Seblak merupakan makanan berbahan dasar kerupuk basah dengan paduan sayuran, telur, ayam, daging, ceker, atau toping lainnya dimasak dengan bumbu dan memiliki aroma kecur. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan cita rasa yang pedas. Seblak sebenarnya merupakan nama bumbu masak yang dibuat dari kencur atau orang sunda menyebutnya dengan cikur. Namun sekarang, orang-orang lebih mengenalnya sebagai sebuah makanan.  Seblak memiliki varian basah dan kering. Makanan ini sangat nikmat jika disantap dalam keadaan panas. Makanan ini semakin populer dengan varian toping yang bermacam-macam. Bagi anda penikmat makanan pedas, tentunya makanan yang satu ini jangan sampai terlewatkan.

2. Makanan Khas Bandung Lotek

Makanan Khas Bandung lotek

Lotek merupakan makanan khas Sunda berbahan dasar sayur-sayuran yang direbus dan disiram dengan bumbu kacang serta taburan kerupuk. Sayur yang digunakan untuk membuat lotek antara lain, kol, labu, tauge, dan kangkung. Makanan  ini sekilas mirip seperti pecel atau gado-gado. Perbedaan makanan ini terletak pada bumbu kacangnya. Makanan ini bercita rasa pedas manis. Makanan  ini cocok bagi anda  para pecinta sayuran atau vegetarian.  Selain itu makanan ini kaya akan serat dan menyehatkan.

3. Makanan Khas Bandung Cuanki

Makanan Khas Bandung cuanki

Cuanki merupakan campuran antara bakso, siomay,  goreng kering, tahu goreng dan putih dalam satu wadah dengan siraman kuah hangat yang khas. Kuah cuangki inie menggunakan campuran saus ikan. Nama cuangki sendiri konon berasal dari singkatan “Cari Uang Jalan Kaki” karena penjual cuanki biasanya memikul dagangannya dengan berjalan kaki.  Makanan ini sangat nikmat jika disantap ketika cuaca sedang dingin. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih.

4. Makanan Khas Bandung Karedok

Makanan Khas Bandung keredok

Karedok merupakan makanan yang terbuat dari sayur-sayuran mentah segar yang disiram dengan bumbu kacang dengan taburan kerupuk di atasnya. Karedok menggunakan sayur-sayuran seperti kacang panjang, mentimun, tauge, kol, dan terong. Sedangkan bumbunya dibuat dari cabai, kencur, kacang tanah, air asam, garam, bawang putih, tersi, dan gula jawa. Bumbu karedok memiliki rasa yang unik karena perpaduan saus kacang dan kencur. Makanan ini memiliki serat yang tinggi serta memiliki cita rasa gurih, asam dan pedas. Makanan  ini cocok bagi anda  para pecinta sayuran atau vegetarian

5. Makanan Khas Bandung Empal Gepuk

empal gepuk

Empal Gepuk merupakan makanan khas Sunda berbahan dasar daging sapi dipadukan dengan bumbu rempah yang menyerap ke dalam daging.Nama empal gepuk sendiri berasal dari istilah gepuk yang berarti dipukul selama berkali-kali. Makanan ini memiliki tekstur yang empuk berasal dari proses memasak dan penumbukan pada daging tersebut. Empal gepuk ini biasanya disantap bersama dengan nasi liwet khas Sunda. Makanan ini memiliki cita rasa manis dan gurih.

6. Makanan Khas Bandung Gehu

gehu

Gehu merupakan makanan khas Sunda yang berbahan dasar tahu yang disisi dengan sayuran tauge dengan bumbu pedas dan dilapisi dengan tepung dimasak dengan cara digoreng. Selain itu biasanya gehu menggunakan tamabahan sayuran lain seperti wortel dan kol. Gehu atau merupakan singkatan dari “Tauge dan Tahu” bisa menjadi cemilan saat bersantai anda. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas yang akan membuat mata anda melek. Bagi anda pecinta makanan pedas, cemilan ini patut anda coba.

7. Rujak Cuka

makanan khas bandung rujak cuka

Rujak cuka merupakan makanan berbahan dasar buah-buahan dan sayur yang dipadukan dengan bumbu kuah cuka dan taburan kerupuk mie khas Sunda. Makanan ini memiliki cita rasa manis, asam, dan pedas. Segarnya buah-buahan berpadu dengan cuka menjadikan makanan ini cocok jika anda santap saat siang hari.

8. Oncom

makanan khas bandung oncom

Oncom merupakan makan produk fermentasi  ampas tahu, kacang tanah, ampas singkong dengan kapang. Terdapat dua macam oncom yakni oncom merah dan oncom hitam. Meskipun makanan ini diproses dari bahan ampas akan tetapi makanan ini memiliki nilai gizi yang tinggi karena proses fermenatasi dari kapang. Oncom biasanya digoreng seperti tempe, diolah sebagai campuran sambal, atau sebagai campuran nasi tutug. Oncom ini mengandung karbohidrat dan protein yang cukup tinggi. Penasaran dengan rasanya? Anda bisa menikmati olahan oncom ini jika pergi ke Bandung.

9. Colena

colena

Colena merupakan makanan berbahan dasar tape yang dimasak dengan cara dibakar (peuyeum) dilumuri dengan saus  gula jawa dan parutan kelapa. Colenak atau yang berasal dari singkatan “dicocol enak”menjadi cemilan populer di kota Bandung. Colenak biasnya dipadukan dengan durian atau pisang sebagai isiannya. Menurut sebagian orang bagian yang gosong dari makanan ini adalah bagian terenak. Makanan ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Colena bisa menjadi teman untuk minum teh atau kopi.

10. Misro

misro

Misro merupakan makanan khas Sunda dengan bahan dasar parutan singkong yang diisi dengan gula merah. menurut orang sunda “amis di jero” yang berarti manis di dalam. Makanan ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Makanan ini memiliki bahan dasar yang hampir sama dengan combro yakni singkong parut. Namun yang membedakan adalah isiannya. Jika, misro memiliki isian gula merah dengan rasa manis sedangkan combro memiliki isian sambal oncom dengan rasa pedas dan gurih. makanan ini bisa menjadi teman untuk minum teh atau kopi.

11. Mie Kocok

mie kocok

Mie kocok merupakan makanan berbahan dasar mie dengan cita rasa kaldu sapi. Nama mie kocok berasal dari proses memasaknya yakni mengocok-ngocok mie tersebut. Mie kocok biasanya berisi mie kuning, kikil, tauge, atau potongan tulang iga. Anda bisa menambahkan saus sambal atau kecap untuk menambah citarasa. Mie kocok sangat nikmat jika disantap saat cuaca dingin.

12. Combro

combro

Combro yang merupakan singkatan “oncom di jero” atau yang berati oncom di dalam merupakan makanan berbahan dasar singkong parut yang di sisi dengan sambal oncom. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan  pedas. Makanan ini hampir mirip dengan misro tetapi dengan isian yang berbeda.

13. Kupat Tahu

kupat tahu

Kupat tahu merupakan makanan berbahan dasar ketupat, tahu, tauge yang dipadukan dengan bumbu kacang yang ditaburi potongan kerupuk di atasnya. makanan ini memiliki beberapa varian dari isian sayur dan juga bumbu tergantung tempat anda membeli. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan pedas. Makanan ini cocok untuk anda jadikan menu sarapan maupun makan siang.

14. Nasi Kalong

nasi kalong

Nasi kalong merupakan makanan berbahan dasar beras merah yang dimasak dengan bumbu kluwek dan disajikan dengan sayur dan lauk yang bervariatif. Seperti namanya yakni makanan ini tersedia di malam hari mulai pukul 7 hingga dini hari. Nasi kalong yang berkonsep perasmanan ini menawarkan jenis lauk dan sayuran yang bermacam-macam, mulai dari buncis bakar, ayam bakar madu, dendeng, ebi goreng, dan masih banyak lainnya. Bagi anda penikmat kuliner malam hari, nasi kalong ini patut anda coba. Selain lezat, makan ini juga menyehatkan karena berbahan dasar beras merah.

15. Siomay

siomay

Makanan ini sudah tidak asing lagi bagi anda dan menjadi makanan yang populer di semua kalangan. Makanan ini awalnya berasal dari Tiongkok lalu dibawa pedagang-pedagang menuju Indonesia. Siomay merupakan makanan berbahan dasar ikan tengiri yang dicampur dengan tepung kanji dan dipadukan dengan saus kacang, sambal, serta perasan limau. Satu porsi lengkap siomay biasanya terdiri dari siomay, kentang, tahu, pare atau kol. Paduan bumbu kacang dan perasan jeruk limau siap menggoyang lidah anda. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan pedas.

Itulah beberapa menu makanan khas Bandung yang lezat dan menggugah selera. Semoga anda dapat mencicipi makanan-makanan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *