Makanan Khas Karawang

Kota Karawang adalahn ibukota dari kabupaten Karawang yang terletak di Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Bekasi dan Bogor. Karawang dikenal dengan kota yang padat aktivitas bisnis dan pembangunannya, bahkan dikatakan akan menjadi tempat untuk mendirikan bandar udara. Kabupaten yang dikenal dengan identitas flora buah jambu air ini tentu saja menyimpan banyak hal-hal menarik di balik kesibukan industri yang selama ini terlihat. Tidak banyak yang tahu, kesenian daerah Kabupaten Karawang bahkan dipengaruhi oleh tiga suku asli Jawa Barat, yakni Sunda, Cirebon, dan Bogor. Anda bisa membayangkan, kan, bagaimana uniknya cita rasa dari ragam kuliner yang ditawarkan oleh Karawang? Berikut adalah menu makanan khas Karawang yang bisa anda coba ketika akhir pekan atau untuk yang sekedar penasaran.

 

1. Ikan Gabus Pucung

Ikan gabus pucung adalah satu menu makanan khas Karawang yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Karawang. Walaupun ikan gabus bernilai cukup tinggi karena jarang dibudidayakan di Indonesia, hal ini tidak menghalani penggemar ikan gabus pucung untuk menggilai sajian yang satu ini. Penampilan menu makanan ini hampir serupa dengan rawon karena kuahnya yang berwana kehitaman disebabkan bahan pembuatnya yang berasal dari keluak atau picung. Bertekstur encer, dengan semburat hitam dari keluak dan pedas yang mencolok dari cabai, kuah ikan gabus pucung menjadi sangat istimewa. Satu kilogram ikan gabus biasanya bisa diolah menjadi 5 porsi dan dibandrol dengan harga RP. 6.000 sampai dengan RP. 12.000,-.

 

2. Soto Gempol

Menu makanan khas Karawang yang satu ini disebut-sebut sebagai andalan kuliner Karawang karena rasanya yang begitu memikat dan harganya yang lumayan murah. Dengan kuah berwarna kekuningan, soto gempol tersedia dengan empat pilihan jenis yakni soto daging, soto ayam, soto babat, dan soto usus atau bisa saja memilih untuk mencampur keempatnya dalam satu mangkok. Sajian soto ini disajikan dengan taburan emping dan daun bawang yang menambah cita rasa khasnya. Soto gempol juga disertai pelengkap rasa berupa acar yang terdiri dari wortel, timun, dan cabai. Anda bisa mendapatkan sajian soto gempol khas Karawang terbaik dengan kisaran harga RP. 30.000 sampai dengan RP. 45.000,-

 

3. Serabi Hijau

Menu makanan khas Karawang yang satu ini berbeda dengan menu-menu yang dibahas sebelumnya kare menu ini memiliki cita rasa manis. Serabi hijau khas Karawang disebut-sebut memiliki rasa yang mendunia karena kepopuleran makanan ini di kalangan masyarakat. Biasanya serabi, yang merupakan makanan khas jawa barat ini diolah dengan mencampurkan adonan tepung beras yang sudah diolah dengan gula aren cair (kinca) sebagai saus dan kadang ada yang mengkonsumsinya tanpa saus. Lama-kelamaan, banyak yang mengkreasikan makanan ini hingga akhirnya lahirnya serabi yang dimodifikasi menjadi warna hijau yang diinisiasikan oleh Maat Kasim (60). Diketahui, serabi hijau sudah ia produksi sejak tahun 1995. Tak hanya di Indonesia, serabi hijau ini kini sudah di kenal sampai ke negeri-negeri luar seperti Singapura, Malaysia, Jepang dan Hongkong. Serabi hijau khas Karawang ini kadang juga lebih dikenal dengan Serabi Hijau Rengasdengklok.

 

4. Bolu Kijing

Awalnya, bolu kijing yang merupakan salah satu menu asli makanan khas Karwang ini bernama bolu kepal yang diracik dua generasi terdahulu. Saat ini, pedagang bolu kijing adalah generasi ketiga. Perubahan nama ini disebabkan oleh bentuk makanan ini yang serupa bentuknya dengan kijing atau kerang hijau. Proses pembuatan bolu kijijng tergolong rumit karena harus melalui beberapa tahap; mencampurkan adonan dengan telur bebek menggunakan dulang kayu, pemanggangan, dan perataan panas pada permukaan bolu. Bolu kijing dengan rasa original hanya memerlukan waktu masak 10 menit dan yang memiliki isi selai nanas memerlukan waktu 12 menit. Wangi yang dihasilkan bolu kijing sangat khas dan membuat siapapun tergoda untuk mencicipinya. Apakah anda akan tergoda juga?

 

5. Gonjing Khas Karawang

Barangkali banyak dari anda yang sudah sering menemui jajanan ini namun tidak mengetahui namanya. Gonjing termasuk pada salah satu makanan khas Karawang yang terbuat dari tepung beras dan kelapa. Ketika dimakan, biasanya sajian ini ditemani dengan taburan gula putih. Makanan ini termasuk kekayaan tradisional dari Karawang meskipun mungkin di beberapa tempat lain memiliki menu yang serupa namun hanya berbeda di cara penyajian dan namanya. Gonjing di Karawang biasanya dijual oleh pedagang keliling yang bisa dipanggil jika mereka lewat atau di warung-warung. Bagaimana, apakah anda sudah pernah mencoba makanan jenis ini?

 

6. Tahu Bumbu Khas Karawang

Indonesia terkenal dengan wisata kulinernya yang berbahan utama tahu. Di Karawang, masyarakatnya juga punya menu khas yang menjadi kebanggaan wisata kuliner. Menu makanan ini bernama tahu bumbu. Soal rasa, jangan ditanya, rasanya sudah dibuktikan oleh banyak orang yang sudah mencoba. Menu ini berupa tahu yang digoreng dan disajikan dengan nasi atau potongan lontong. Tak lupa hadir saus pelengkap berupa saus kacang, kecap manis, samba, dan taburan bawang goreng. Sebagai menu tambahan, terkadang penikmat tahu bumbu juga menambahkan aneka gorengan ke dalam makanannya. Tahu bumbu khas Karawang sendiri dapat ditemukan dengan mudah di Karawang dengan harga miring yakni sekitar RP. 6000,- saja.

 

7. Gegeplak Khas Karawang

Jika anda berkunjung ke Karawang, maka anda wajib mencari jajanan khas Karawang yang satu ini. Kudapan ini merupakan hasil olahan dari campuran kelapa muda, gula pasir, dan garam dan disajikan dalam beraneka warna. Bentuknya kecil-kecil dibentuk jejar genjang, berbeda dengan geplak asal Yogyakarta yang berbentuk bulat. Untuk anda yang suka memburu kudapan manis, tidak ada salahnya membawa makanan yang cantik dan manis ini.

 

8. Kerupuk Bontot Khas Karawang

Dinamakan kerupuk bontot karena bahannnya yang berupa adonan kerupuk tepung yang tidak mungkin dipotong lagi. Jika anda berwisata ke Tugu Proklamasi, maka anda dekat dengan daerah penghasil kerupuk bontot terbaik yaitu di Kecamatan Rengasdengklok. Walaupun terbuat dari campuran tepung terigu dan udang, kerupuk bontot juga dicampurkan susu, yang membuat sajian ini memiliki rasa yang unik dan tak terlupakan. Teksturnya ketika siap dimakan adalah kenyal dan tebal, hampir mirip seperti rasa cimol. Untuk anda yang penasaran dengan rasanya, sebaiknya langsung datang mengunjungi Desa Rengasdengklok untuk merasakan langsung keunikan sajian yang satu ini.

 

9. Dodong Hideung Khas Karawang

Menu makanan khas Karawang yang satu ini bahkan sudah diakui UNESCO sebagai makanan khas daerah. Nama sajian ini mulai naik daun ketika beberapa waktu lalu menjadi makanan pembuka di suatu turnamen olahraga di Jawa Barat. Sajian ini adalah kudapan manis yang terbuat dari ketan yang sudah mengalami pengolahan panjang. Rasanya mirip dengan dodol, namun sajian satu ini bisa dipadukan dengan berbagai toping, sesuai selera. Anda sudah pernah coba?

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *