Makanan Khas Medan

Kota Medan merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki beragam kuliner yang menarik untuk dicoba. Mengunjungi Medan tentunya akan terasa lebih lengkap jika mencicipi aneka makanan khasnya. Apalagi beragam masakan di Medan memiliki rasa yang enak dan lezat yang dapat memanjakan lidah. Berikut ini beberapa makanan khas Medan indonesia yang wajib anda cicipi saat berada di Medan.

Rekomendasi Makanan Khas Medan yang Wajib Dicoba Wisatawan

1. Makanan Khas Medan Mie Balap Medan

Makanan Khas Medan mie balap medan

Berkunjung ke Medan akan terasa kurang jika tidak mencicipin mie balap. Masakan yang satu ini terbuat dari bahan utama mie yang disajikan dengan cara cepat sehingga dinamakan mie balap. Makanan ini seringkali dijadikan sebagai pilihan makanan bagi mereka yang sedang terburu buru pergi ke suatu tempat dan tidak ada makanan di rumah. Mie balap memiliki rasa yang lezat karena dipadukan dengan bumbu bumbu yang khas serta cara masak yang pas.

2. Makanan Khas Medan Soto Udang

Makanan Khas Medan soto udang

Soto adalah makanan khas Indonesia yang memiliki rasa yang gurih. Ada banyak daerah yang menyajikan makanan yang satu ini termasuk salah satunya Medan. Soto yang ada di Medan memiliki keunikan tersendiri karena tidak menggunakan daging sapi atau daging ayam melainkan daging udang. Munculnya soto ini merupakan salah satu upaya agar orang beragama Hindu atau Budha yang dilarang mengonsumsi daging sapi masih tetap bisa menikmati soto.

Sebenarnya rasa soto ini tidak jauh berbeda dengan soto ayam. Dalam soto ini anda juga bisa menemukan ayam yang biasa ditemukan pada soto lainnya. Namun, perbedaannya adalah ayam yang digunakan di makanan khas Medan ini harus dibakar terlebih dahulu setelah direbus. Tentunya adanya isian daging ayam dan udang akan membauat makanan yang satu ini semakin gurih dan lezat. Anda bisa menemukan soto udang ini di beberapa tempat makan yang ada di Lampung.

3. Makanan Khas Medan Lemang

Makanan Khas Medan lemang

Ternyata medan memiliki lontong yang khas yaitu lemang. Namun, lontong yang berasal dari Medan ini menggunakan beras ketan bukan beras biasa. Selain itu, perbedannya juga terletak dari cara memasaknya, dimana lemang digulung di dalam daun pisang kemudian dimasukkan ke dalam seruas bambu, baru kemudian dimatangkan. Tak heran jika banyak masyarakat dari daerah lain yang penasaran dengan Lontong yang khas di Medan ini.

Lemang menggunakan campuran santan kelapa sehingga rasanya menjadi lebih gurih. Biasanya bambu yang sudah diisi dengan beras ketan tersebut kemudian dibakar di atas tunggu sampai matang. Makanan yang satu ini akan semakin nikmat jika disantap saat masih hangat dan dipadukan dengan makananan yang lain seperti durian maupun tape ketan. Bahkan beberapa orang juga menjadikan lemang sebagai pendamping rendang.

4.Makanan Khas Medan Mie Gomak

Makanan Khas Medan mie gomak

Selain mie balap, makanan khas medan yang berbahan utama mie adalah mie gomak. Makanan ini seringkali disebut sebagai spagethetti Medan. Mie gomak memiliki rasa yang unik dan sedap karena dipadukan dengan bumbu bumbu yang pas. Mie gomak memiliki bumbu dengan sedikit kuah. Agar rasanya lebih nikmat, biasanya makanan ini dihidangkan tambahan makanan lain  seperti kering tempe, kerupuk maupun telur bulat.

5. Makanan Khas Medan Bihun Bebek

Makanan Khas Medan bihun bebek

Mungkin masakan bihun sudah cukup biasa, namun bagaimana jika bihun dipadukan dengan daging bebek yang gurih? Bagi anda yang belum pernah merasakannya, anda bisa mencicipi salah satu makanan di Medan yaitu bihun bebek. Kuliner ini menggunakan bihun yang berasal dari bahan tepung beras dan tepung kanji yang dicampur. Tak heran jika tekstur dari bihun ini lebih kenyal. Biasanya kuah yang digunakan adalah kaldu bebek yang rendah minyak.

6. Makanan Khas Medan Sayur Gurih Tauco

sayur gurih tauco

Sayur tauco merupakan makanan masyarakat medan yang terbuat dari bahan santan. Sayur gurih tauco memiliki rasa yang gurih dengan aroma sayur yang khas. Rasa gurih ini dikarenakan penggunaan santan yang dipadukan dengan bumbu tauco. Biasanya makanan khas Medan ini seringkali digunakan sebagai sayur pelengkap ketupat. Masakan ini biasanya menggunakan isian seperti daging sapi ataupun udang.

7. Bubur Pedas

bubur pedas

Bubur Pedas adalah makanan Medan yang seringkali dijual pada saat Ramadhan. Bahkan banyak masjid yang biasanya membagikan makanan ini sebagai menu pembuka saat berbuka untuk para pengendara motor yang berada di jalan. Makanan ini memiliki rasa yang pedas seperti namanya dan biasanya ditambahkan dengan kacang goreng Untuk memnambah rasa gurih. Bubur pedas biasanya dimasak dengan cara tradisional yaitu menggunakan tungku kayu bakar.

8. Sate Kerang

sate kerang

Jika umunya sate terbuat dari daging ayam maupun daging kambing, maka berbeda dengan sate yang satu ini. Sate kerang ini biasanya dijual oeleh penjual keliling maupun di tempat makan yang ada di kota Medan. Selain keunikan dari jenis makanan yang disate, cara mengolah sate kerang juga tidak dengan dibakar. Makanan ini biasanya menggunakan bumbu mirip rendang yang memiliki rasa manis dan asam.

9. Saksang

saksang

Masakan saksang merupakan makanan khas Medan menggunakan bahan utama babi, anjing maupun kerbau yang biasanya dicincang secara kasar. Sebagaimana kebanyakan suku Batak yang non muslim, maka tidak menjadi halangan bagi mereka untuk mengonsumsi makanan yang berasal dari daging babi ataupun anjing. Tentunya makanan yang satu ini tidak direkomendasikan bagi anda yang beragam muslim.

Pasalnya selain menggunakan bahan utama daging babi maupun anjing, saksang juga diolah bersama dengan darah dari hewan tersebut. Saksang memiliki rasa yang kuat karena dimasak dengan menggunakan bumbu rempah rempah yang dipadukan dengan santan. Makanan ini sering kali dihidangkan pada saat upacara suku batak seperti pesta pernikahan adat. Namun, banyak juga dari kedai makanan yang ada di medan yang menjual makanan ini.

10. Kolak Durian

kolak durian

Bagi anda yang sangat menyukai buah durian, menyantap makanan yang satu ini pastinya tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Medan. Durian yang berasal dari medan memiliki rasa yang khas karena lebih manis dan legit serta memiliki aroma yang sangat sedap. Maka dari itu, masyarakatnya menggunakan durian sebagai salah satu bahan utama dari kolak. Bisanya kolak durian ini akan lebih nikmat jika disantap dengan pisang kepok, ketan putih maupun jagung manis rebus.

Kolak durian memiliki rasa yang gurih dan sedap karena menggunakan kuah yang terbuat dari santan dan gula aren. Makanan khas medan ini akan lebih nikmat jika dihidangkan saat masih hangat. Namun anda juga bisa menyantapnya dengan es saat cuaca sedang panas. Berkeliling kota medan pastinya akan membuat anda haus dan membutuhkan makanan yang menyegarkan seperti kolak durian.

Sebenarnya masih ada beberapa masakan medan yang juga memiliki rasa yang lezat seperti sate padang medan, daun singkong tumbuk dan kari. Selain rasanya yang pas dan menggugah selera, orang Medan juga terkenal dengan kreatifitasnya saat sedang menghidangkan makanan tersebut. Untuk mendapatkan beragam makanan di atas, anda bisa mengitari warung warung makan maupun pasar tradisional yang ada di medan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *