Tempat Wisata Kuliner di Aceh

Nikmati kuliner khas Aceh, berikut tempat-tempat kuliner yang masakannya enak dan lezat di Kota Aceh yaitu:

  1. Warung Nasi Hasan

Masakan yang disajikan disini sama hal nya seperti masakan Padang. Menu favorit disini adalah ayam tangkap.  Ayam tangkap itu sendiri adalah ayam goreng yang disajikan dengan daun.  Warung nasi ini berlokasi di jalan laksamana malahayati, Banda Aceh.

  1. Ayam Penyet Pak Ulis

Ayam Pak Ulis ini sangat tenar di Kota Aceh. Harga Rp 15.000/porsi. Dimana ayam penyet pak muklis ini dagingnya lembut dan gurih, yang kemudian di hidangkan bersaan dengan sambal yang rasanya pedas manis, membuat ingin segera menyantapnya. Ayam penyet pak muklis ini berlokasi di kawasan Lamnyong. Kalian bisa menikmati nya di jam 08.30-22.30 WIB.

  1. Warung Nasi Kambing Lem Bakrie

Lokasinya di jalan P nyak makam Lantemen. Warung nasi ini merupakan tempat favorit orang Aceh. Resto ini menyediakan menu kambing yang diolah menjadi beberapa varian. Menu favorit diresto ini adalah ayam tangkap dan kuah beulangong. Ayam tangkap dan kuah beulangong ini merupakan makanan khas Aceh. Ayam tangkap diolah dengan irisan pandan yang sdh di goreng krispi, ditambah campuran ayam , cabe hijau dan daun kare. Sedangkan kuah beulangong adalah daging kambing yang dikombinasi dengan kuah, kuanya terbuat dari berbagai rempah khas Aceh. Kuahnya ini sangat segar, dagingnya pun empuk sekali.  Jam buka 11.00-16.00 WIB.

  1. Rumah Makan Specifik Aceh

Rumah makan ini berlokasi di jalan T Hasan Dek no 14-16. Rumah makan ini seperti rumah makan Padang pada umumnya, yang membedakannya adalah kuahnya yang lebih asam dan tidak terlalu kental. Rumah makan ini menyajikan makanan khas Aceh.  Jam buka 11.00-22.00 WIB. Harga nya Rp 35.000/porsi.

  1. Rumah Makan Sie Itek Bireuen

Menu favorit di rumah makan ini adalah kari bebek. Kari bebek di rumaha makan ini merupakan kari bebek terenak di Kota Aceh.  Dimana terdapat labu dan kentang dii kari bebek ini. Rumah makan ini sangat cocok untuk tempat makan keluarga. Rumah makan ini berlokasi di jalan teuku umar no. 275. Harga di rumah makan ini pun terjangkau kisaran Rp 13.00/porsi. jam buka 11.00-22.00 WIB.

  1. Nasi Goreng Daus Khas Aceh

Rumah makan ini terletak di sebelah terminal bus, yaitu dijalan Panglima Polem 87-89. Tak hanya menjual nasi goreng di sini juga menyajikan mie goreng Aceh. Untuk mie Aceh ada dua varian ada basah dan kering.  . Untuk nasi gorengnya ada tiga menu, yaitu: nasi goreng kambing muda, nasi goreng biasa dan nasi goreng seafood. Menu yang paling favorit di resto Daus ini adalah nasi goreng kambing mudanya.

  1. Rumah Makan Adytia Jaya

Menu favorit di rumah makan ini adalah ayam pramugari nya, sebenarnya ayam pramugari ini sama seperti ayam tangkap. Ayam pramugari adalah ayam kampung yang kemudian diungkep. Daging ayam pramugari ini empuk dan gurih. Aroma dan citrarasa yang unik sangat memikat lidah wisatawan. Aroma dan citrarasa bumbu nya melekat kuat sehingga ingin segera menyantapnya. Ayam pramugari ini luar biasa lezat dan murah. Harga satu porsinya dibandrol Rp 25.000. Ayam pramugari ini didampingi dengan kecap yang dikombinasi dengan irisan bawang merah, potongan cabai rawit dan jeruk nipis. Ayam pramugari ini berbeda dengan ayam lainnya. Alamat rumah makan ini di Jalan blang bintang lama. Selain ayam pramugari, warung ini juga menyajikan gulai kari kambing khas Aceh, kuahnya yang kentall dan berwarna ke coklat-coklatan. Aroma dari gulai ini sangat merebak sekali di hidung. Alamat rumah makan ini di jalan blang bintang lama. Jam buka 10.00-18.00 WIB.

  1. Canai Mamak Kuala Lumpur

Canai adalah roti. Canai merupakan jajanan khas Malay. Resto ini mnyejikan menu canai yang diolah menjadi beberapa varian. Tak hanya menu canai, resto ini juga menyajikan masakan dan jajanan khas Aceh. Menu favorit di resto ini adalah canai kari ayam, kuah kari nya mempunyai ci khas tersendiri. Harganya terjangkau pas dikantong Rp 35.000/porsi. Untuk menikmati jajanan khas Melayu, kalian bisa datang ke jalan Teuku Umar No. 51 Setui. Jam buka 10.00-22.00 WIB.

  1. Restaurant Mie Razali

Belum lengkap liburan kalian di Kota Aceh jika kalian tidak mecicipi makanan khas Aceh yaitu mie aceh nya Razali. Kedai ini sudah sangat legendaris, sehingga sangat terkenal dan populer di Kota Maluku. Mie Razali merupakan warung mie nomor satu di Kota Maluku, karena rasanya yang lezat dan enak sekali. Warung mie nya Razali sangat enak sekali dibandingkan dengan warung mie lainnya, mie nya yang kenyal, gurih, pedas, asin, membuat citrarasa yang lengkap. Mie rRazali ini menyajikan beberapa varian, yaitu cumi, daging, jamur, kepiting, udang, dan lain-lain sesuai selera. Untuk menikmati kelezatan mie ini, kalian bisa datang ke jalan panglima polem no 85, sungai krueng Aceh. Jam buka 10.00-22.00 WIB.

  1. Kedai Sate Matang Dek Wan

Sate ini sangat berbeda dengan sate madura dan sate padang. Sate ini disajikan dengan nasi. Sate ini direndam dengan bumbu khas rempah Aceh yang sudah diracik sendiri, kemudian dibakar. Kuah kaldunya sendiri yaitu kuah kacang. Aroma sate ini sangat menggoda selera. Sate ini berlokasi di jalan T imum leung bata. Anda cukup mengeluarkan uang senilai Rp 25.000 untuk dapat menikmati lezatnya sate ini. Sate ini buka jam 08.30-24.00 WIB.

  1. Sentra Kue Tradisional Gampong Lampisang

Untuk berburu oleh-oleh khas Aceh kalian bisa dapatkan di Sentra Kue Tradisional Gampong Lampisang  di Desa Lampisnag, Kecamatan Lhoknga, karena sentra kue merupakan pusat kuet tradisional Aceh.  Sepanjang jalan ini terdapat deretan toko yang bisa kalian kunjungi untuk membeli jajanan khas Aceh.  Disini menjual beberapa aneka kue khas Aceh, dari bada reteuk, bhoi, dodol, kopi, meuseukat, pisang, dan sale, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dimana kue tersebut diolah langsung. Kue ini merupakan industri rumah tangga.

  1. Mie Ramen Aceh Akira

Disini menjual mie Jepang. Disini menyajikan Mie Ramen dengan bebrapa varian. Seporsi harnya kisaran Rp 27.000. mie ramen ini berlokasi  di jalan T.umar 53, Setui.

  1. Kebab Ali

Kebab Ali ini memiliki rasa dan tampilan yang berbeda dengan kebab turki.  Kebab Ali berlokasi di jalan panglima nyak makam no 7. Kebab ini murah dan sangat praktis. Karena citrarasa nya yang unik membuat para pengunjung mengulang untuk membelinya.  Jam buka 15.00-24.00.

  1. Kopi Solong Jasa Ayah

Terdapat berbagai kedai kopi di Kota Aceh, dimana kedai tersebut memiliki citrarasa yang berbeda-beda. Tetapi kopi solong jasa ayah ini merupakan kedai kopi yang legendari di Kota Aceh, sehingga sangat primadona di Kota Aceh. Aroma nya yang segar, rasanya yang sangat nikmat membut kopi ini terkenal dan banyak peminat nya. Kedai kopi terfavorit di Kota Aceh ini berada di jalan T iskandar no 13-14. Harnya bervarian Rp 7.000 – Rp 19.000.

  1. Rujak Aceh Garuda

Rujak Aceh Garuda ini sudah melegenda di Kota Aceh.  Yang terletak di jalan Garuda, Banda Aceh.  Menu yang disajikan ada 2, yaitu rujak ulek dan rujak buah potong. Untuk satu porsinya Rp 8.000.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *