Angkringan Pedopo

Tempat Wisata Kuliner di Solo

wisata kuliner khas solo,Jika sedang berlibur ke Kota Solo belum lengkap rasa nya jika tidak mencicipi kuliner di Kota Solo, seperti ada yang kurang. Berikut tempat-tempat kuliner yang wajib kalian kunjungi :

1.  Wisata kuliner khas solo Sate Kambing Buntel Mbok Galak

wisata kuliner khas solo Sate Kambing Buntel Mbok Galak

Tempat wisata kuliner khas solo, Sate kambing mbok ini sangat populer di Kota Solo, lokasinya di jalan Ki Mangun Sarkoro No.112, Sumber, Banjarsari, Banyuanyar, Sumber, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. Menu favorit nya adalah sate buntel, yaitu daging kambing yang dibuntel. Sate kambing ini sederhana, tapi rasanya luar biasa nikmat. Rp 40.000/porsi.  tak hanya menyajikan sate kambing buntel, disini menu nya beragam yaitu daging kambing yang diolah menjadi bebrapa varian.

2. Wisata kuliner khas solo Tahok Solo Pak Citro

wisata kuliner khas solo Tahok Solo Pak Citro

Tahok ini merupakan makanan khas dari Cina, tapi sekarnag sudah menjadi makanan khas Solo.  Nama lain tahok adalah kembang tahu. Sensasi tahok Pak Citro ini berbeda dengan tahok lainnya, tahok Pak Citro ini lembut dan hangat sehingga membuat tahok Pak Citro sering di kunjungi oleh para wisatawan. Tahok ini beralamt di jalan Suryopranoto No. 21. Jam buka 06.00-11.00 WIB. Harga Rp 8.000/porsi.

3. Wisata kuliner khas soloAngkringan Pedopo

wisata kuliner khas solo Angkringan Pedopo

Wedangan Pedopo ini merupakan salah satu tempat wisata kuliner di solo  langganan keluarga Presiden Jokowi, karena memiliki keunikan dan bentuk bangunannya yang didesain sangat tradisional. Angringan ini merupakan tempat favorit masyarakat Solo. Aneka menu yang tersedia di angkringan ini beragam. Menu favorit di angkringan ini adalah nasi sayur yang pedas dan sosis solo. Untuk  minumnya yaitu minum wedang uwuh yang menghatkatkan badan. Untuk harga jangan panik, harga nya beragam dan murah banget. Lokasinya di Jalan Srigading 1 No.7. Jam buka 18.00-24.00 WIB.

4. Tahu Kupat Pak Brewok

wisata kuliner khas solo Tahu Kupat Pak Brewok

Citrarasa tahu kupat Pak Brewok yang manis dan gurih membuat tahu ini menjadi kuliner populer di Kota Solo. Tak hanya tahu kupat nya yang enak, kuahnya pun sedan dan segar di mulut. Tahu kupat sendiri merupakan kuliner khas Kota Solo. Tahu ini berada di jalan Rm Said. Jam buka 07.00-17.00 WIB. Rp 5.000 anda sudsah bisa mencicipi seporsi tahu kupat Pak Brewok.

5. Es Gempol Pleret Pak Suhar

wisata kuliner khas solo Es Gempol Pleret Pak Suhar

Es gempol ini merupakan minuman khas Solo, sekilas ini mirip dengan es dawet.minumannya Pleret Pak Suhar ini memiliki citrarasa yang khas dan segar di mulut. tempatnya berada di jalan Dr.Wahidin. untuk dapat menikmatinya kalian datang di waktu 10.00-18.00 WIB. Harga 25.000/porsi.

6. Nasi Pecel dan Sambel Tumpang Bu Kis

wisata kuliner khas solo Nasi Pecel dan Sambel Tumpang Bu Kis

Warung buk kis ini merupakan warung yang sederhana yang menyajikan nasi pecel dengan beragam lauk. Yang paling favorit di warung ini adalah pecel tumpang.  Citrarasa pecel tumbang yang manis, gurih dan pedas ini menggoda selera makan. Sambal tumpang itu sendiri merupakan kuliner enak di Solo. Nasi tumpang ini berada di jalan Gleges, Priyobadan. Jam buka 07.00-14.00 WIB.

7. wisata kuliner khas solo Soto Gading

Soto Gading

Citrarasa sotonya yang begitu enak dan juga segar membuat soto ini menjadi kuliner nomor satu di Kota Solo. Harga nya Rp 20.000/ posri.. Kuah nya yang kental dan bening membuat semua kalangan banyak yang datang kesini untuk mencicipi soto Gading. Soto ini berlokasi di jalan Brigjen Sudiarta 76. Di setiap meja pengunjung disediakan beragam aneka gorengan untuk menu pendamping dari soto gading tersebut.

8. wisata kuliner khas solo Nasi Liwet Wongso Lemu

Nasi Liwet Wongso Lemu

Nasi liwet merupakan makanan khas Solo. Di kota Solo sangat mudah untuk menemui nasi liwet, tetapi nasi liwet wongso semu ini merupakan nasi liwet yang melegenda dan terfavorit di Kota Solo. Untuk rasa tak usah ditanyakan lagi, kenikmatan nasi liwet ini sangat maknyus. Untuk dapat menikmati nasi liwet ini kalian cukup membayar Rp 19.000/porsi. jam buka 18.00-24.00 WIB. Uniknya di warung nasi liwet ini yaitu pelayan nasi liwet disini menggunakan baju tradisional yaitu kebaya. Dan juga kalian akan diiringi dengan pengamen tradisional seorang ibu-ibu yang memakai kebaya dan sanggul. Lokasi nasi liwet ini di jalan Teuku Umar Keprabon, Solo.

9. wisata kuliner khas solo Es Dawet Telasih Bu Dermi

Es Dawet Telasih Bu Dermi

Es dawet ini sangat hits di Kota Solo. Es dawet ini sangat menyegarkan di mulut. minuman ini terdiri dari telasih, tape, bubur sumsum, santan dan ketan hitam yang di kombinasi dengan batu es agar lebih menyegarkan mulut.  Telasih itu sendiri merupakan biji bunga kemangi.  Satu porsinya Rp 9.000. untuk dapat menikmati kelezatan dawet ini, kalian harus masuk ke dalam pasar gede.

10. wisata kuliner khas solo Gudeg Ceker Bu Kasno

Gudeg Ceker Bu Kasno

Belum lengkap rasa nya jika ke Kota Solo belum mencicipi gudeg terenak di Kota Solo yaitu Gudek nya Bu Kasno.  Menu andalan di warung Bu Kasno, yaitu seperti hal namanya gudek ceker Bu Kasno. Jam buka jam setengah 2 pagi. Citrarasa gudek ini dominan gurih dan sedikit manis. Untuk citrarasa cekernya, gurih dan empuk yang kemudian disiram santan yang kuah nya kental. Bumbunya sangat meresap dan berasa di nasinya. Gudek ini berlokasi di dekat SMA 1 Solo, di jalan wolter monginsidi No 41-43. Harga Rp 18.000.

11. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman

Serabi merupakan kuliner asli khas Solo. Yang membedakan serabi ini dengan serabi lainnya adalah serabinya lembut dan tipis, santannya pun terasa sekali di mulut. Untuk citrarasa serabi ini dominan manis dan legit. Aroma kue nya yang wangi, membuat perut ingin segera menyantapnya. Serabi Notosuman ini menyajikan dua menu, yaitu serapi polos dan serabi coklat.  Satu porsi serabi Rp 2.000. Jam buka jam 7 pagi, lokasinya di Jalan Mohammad Yamin No 28, Solo

12. Sate Kere Yu Rebi

Sate Kere Yu Rebi

Sate yang sangat empuk dan legit membuat sate ini menjadi salah satu icon kuliner di Kota Solo. makanan ini terbuat dari ampas tempe yang direndam bumbu bacam, kemudian di bakar, lalu disiram sambal kacang manis pedas diatasnya. Harga untuk sate kere yaitu Rp 10.000/porsi, untuk satu porsi ada 10 tusuk.  Sate ini beralamat di jalan kebangkitan nasional kios 1-2 Teposanan.

13. Tengkleng Klewer Bu Edi

Tengkleng Klewer Bu Edi

Tengkleng merupakan makanan khas Solo yang tidak menggunakan santan. Menu di warung iniyaitu daging kambing yang diolah. Menu favorit di warung ini adalah lidah dan sum-sum kambing. Harga kisaran Rp 30.000 – Rp 50.000 sesuai pemesanan. Citrarasa bumbunya yang meresap sampai ketulang daging membuat para wisatawan ketagihan untuk menyantapnya lagi.  Penyajian tengkleng ini sangat unik yaitu disajikan menggunakan daun pisang.  Warung ini berada ditaman arkir pasar klewer.

14. Selat Solo Mbak Lies

Selat Solo Mbak Lies

Menu favorit di resto ini adalah timlo, selat bistik dan selat lidah. Sedangan  minuman favorit nya adalah es kopyor dan es tape ketan. Untuk bisa mencicipi menu di Selatan Solo Mbak Lies kalian bisa langsung datang ke jalan veteran, gang II no. 42.

15. Timlo Sastro

Timlo Sastro

Timlo adalah kuliner asli dari Kota Solo, makanan ini sendiri mirip seperti sup.Makanan ini memiliki rasa yang berbeda dengan timlo lainnya, citrarasa timlo yang gurih-gurih dan segar ini membuat timlo Sastro ini menjadi kuliner terenak di Kota Solo.  Jam buka 06.30-15.30 WIB.  Untuk harga kisaran Rp 7.000 sampai Rp 18.000, lokasinya di jalan pasar gede timu no . 1.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *